Berpakaian PDL Loreng, Panglima TNI Pimpin Sertijab Kasad


PUSPEN TNI (7/7),- Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) dari Jenderal TNI George Toisutta kepada Letnan Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo di Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Kamis (7/7).

Panglima TNI pada upacara sertijab ini menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) Loreng dan berbaret hijau TNI AD dengan tanda bintang 4, dalam amanatnya mengatakan kepada KASAD yang baru agar memfokuskan pembinaan Angkatan Darat kepada pembinaan sumber daya manusia prajurit, yang memiliki ketangguhan, militansi dan kemampuan, disertai keunggulan moral dan etika. Menurut Panglima TNI, membangun profesionalisme prajurit TNI Angkatan Darat harus lebih mengedepankan aspek kemahiran teknis kemiliteran yang ditopang oleh aspek moral, etika dan disiplin keprajuritan serta seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi persenjataan.

Dalam upacara yang dikomandani oleh Kolonel Inf Beny Susianto ini, lebih lanjut Panglima TNI menegaskan bahwa TNI Angkatan Darat sebagai bagian integral TNI harus senantiasa dekat dengan rakyat dan dapat berkiprah dalam setiap upaya pembangunan. Hubungan TNI dan rakyat harus seperti air dan ikan, yaitu manunggal dalam arti yang utuh menyeluruh. Manunggal dalam visi dan persepsi terhadap segala bentuk perubahan dan kemajuan sebagai akibat globalisasi dan pembangunan bangsa.

Mengakhiri amanatnya, Panglima TNI berpesan kepada pejabat Kasad yang baru agar dapat mengemban kepercayaan dan kehormatan serta amanah yang telah diberikan TNI. Dengan latar belakang pengalaman di berbagai penugasan serta pengetahuan dan integritas yang dimilikinya, Panglima TNI meyakini Letjen TNI Pramono akan mampu serta berhasil memimpin dan menyiapkan TNI Angkatan Darat, memantapkan soliditas dan kekompakan dengan unsur-unsur TNI lainnya serta memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Sebelum menjabat sebagai KASAD, Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo merupakan Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) dan pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat (Danjen Kopassus) serta Panglima Kodam III/ Siliwangi.

Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo lahir pada 5 Mei 1955 di Magelang, Jawa Tengah, anak ke-4 dari 7 bersaudara putra pasangan (alm) Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo dan Sunarti Sri Hadiyah. Adik kandung Kristiani Herawati Yudhoyono ini merupakan lulusan terbaik dari Akademi Militer pada tahun 1980.

Usai upacara sertijab KASAD, dilanjutkan dengan sertijab Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana dari Ibu Hj. Nur Alam George Toisutta kepada Ibu Kiki Gayatri Pramono Edhie Wibowo yang disaksikan langsung oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Tetty Agus Suhartono.

---

Sumber:
PUSPEN TNI