Heli Serang Mi-35P TNI AD Jalani Uji Terbang

Helikopter serang Mi-35P TNI AD merupakan helikopter tempur spesialisasi serangan udara-ke-darat yang battle-proven, handal dan dapat difungsikan pula untuk mengangkut pasukan.

Jakarta - Tiga unit helikopter Mi-35P milik TNI Angkatan Darat menjalani uji terbang setelah tiba di Indonesia pada akhir September 2010. Uji terbang dilaksanakan di landasan Skadron Teknik 021 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, mulai Selasa. Ketiga unit helikopter yang menjalani uji terbang itu bernomor ekor HX-3503, HX-3504, dan HX-3505.

Uji terbang pertama dijalani helikopter Mi-35P bernomor ekor HX-3503 dengan pilot Rusia Vallery Khalasnikov. Sedangkan dalam uji itu sebagai ko-pilot, merangkap test pilot maintenance Letkol CPN Made Ardana dari Pusat Penerbangan Angkatan Darat. Selain pilot dan ko-pilot, ikut dalam penerbangan uji seorang flight engineer Rusia Maxim Kurchkov serta pendamping dari Pusat Penerbangan Angkatan Darat Letkol Herry.

Pengujian dilakukan mulai uji fungsi di darat dan di udara dengan ketinggian sekitar 5.000 kaki dengan rute Halim Perdanakusuma-Atang Sendjaja (Bogor).

TNI Angkatan Darat sebelumnya telah memiliki dua unit heli serbu buatan Rusia ini. Dengan kedatangan tiga unit Heli Mi-35 itu, maka kini TNI Angkatan Darat telah memiliki lima unit helikopter Mi-35P dan bermarkas di Skadron 31/Serbu Pusat Penerbangan Angkatan Darat.

Tiga unit helikopter tersebut akan diserahterimakan kepada Pemerintah Indonesia dari Rusia pada pekan depan.

---

Sumber: Kemhan
Foto: Sinar Harapan